Keluarga Sakinah Benteng Globalisasi


FotoJakarta (Pinmas)— Keluarga saleh dan unggul (sakinah) merupakan salah satu benteng menghadapi arus negatif globalisasi. Karena itulah, Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Kementerian Agama (Kemenag) terus mentradisikan program apresiasi untuk komunitas terbaik melalui Pemilihan Kaluarga Sakinah dan KUA Teladan Tingkat Nasional Tahun 2012.

Dirjen Bimas Islam Prof Abdul Jamil, dalam laporan pembukaan acara itu, di Gedung Kemenag Jl Thamrin, Jakarta, kemarin, mengatakan, tujuan kontes tersebut adalah memberikan penghargaan yang tinggi kepada keluarga yang tetap konsisten dan setia mempertahankan keteladanan dalam pergaulan masyarakat, meski menghadapi tantangan besar perilaku yang tidak selaras dengan nilai-nilai luhur bangsa.
“Kegiatan tersebut juga dalam rangka melakukan penilaian dan memilih KUA berprestasi,” ujar mantan Kepala Litbang Kemenag ini.
Di tempat yang sama, saat meresmikan pembukaan program tahunan itu, Wakil Menag Prof Nasaruddin Umar menyebutkan, aktivitas tersebut diharapkan mampu mengurangi jumlah percerain sebagai salah satu masalah sosial yang dipengaruhi pergeseran norma dan cara pandang masyarakat terhadap institusi perkawinan.
“Figur keluarga sakinah ini perlu kita angkat untuk memberikan keteladanan kepada masyarakat yang tanpa sadar telah menjadi konsumen fenomena komodifikasi yang tidak proporsional seputar permasalahan rumah tangga figur publik melalui media massa, di mana perceraian dianggap sesuatu yang wajar dan rekomendatif sebagai solusi masalah rumah tangga,” ujarnya.
Abdul Jamil menjelaskan, pemilihan keluarga sakinah dan KUA teladan merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Ditjen Bimas Islam, dalam beberapa tahun terakhir. Acara ini akan berlangsung tanggal 12-17 Agustus 2012, bertempat di Gedung Kemenag Jl Thamrin, dan Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta. (SK/yudi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JADWAL NIKAH KUA KANGKUNG KAB. KENDAL

Waktu Sholat